fbpx

6 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini

6 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini 1

Mata merupakan organ tubuh yang banyak melakukan aktivitas dari berkedip hingga mengekspresikan emosi. Area kulit mata cenderung lebih tipis dan tidak memiliki banyak kelenjar minyak. Organ tubuh ini pun kerap menunjukkan tanda penuaan dini, sebab mata memiliki jenis kulit yang tipis namun halus sehingga perlu tahu mengenai Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata.
Masalah lingkaran hitam, garis-garis halus, hingga kantong mata menjadi permasalahan yang sering dikeluhkan. Untuk mencegah dan merawatnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti :

Menjaga Kelembapan

Menjaga kelembapan kulit sekitar mata perlu dilakukan, hal ini dapat membantu mencegah kerutan maupun garis-garis halus. Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata dapat menggunakan pelembab wajah ringan sesuai dengan petunjuk kemasan.
Namun, jika merasakan mata berair atau menyengat, sebaiknya hentikan pemakaian pelembab tersebut dengan mengganti krim mata yang memiliki bahan retinol, peptida, dan asam hialuronat berfungsi membantu meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru.

menjaga kelembaban kulit
menjaga kelembaban kulit

Menepuk Dengan Lembut

Saat mengaplikasikan produk ke area mata, sebaiknya oleskan menggunakan jari manis maupun kelingking, karena tidak memiliki tenaga sekuat jempol atau telunjuk. Hal ini dikarenakan kulit di bawah mata sangat tipis dan mudah berkerut.
Jadi, saat bersentuhan dengan kulit mata usahakan melakukan dengan lembut dan mengoleskan dengan perlahan sampai produk menyerap hingga ke dalam kulit.

6 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini 2
menepuk lembut kulit sekitar mata dengan sendok

Lindungi Dengan Tabir Surya

Paparan sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan kulit area bawah mata menjadi gelap. Oleh sebab itu, sangat diperlukan merawat kulit sekitar mata dengan tabir surya.
Saat akan melakukan aktivitas diluar, sebaiknya mengoleskan tabir surya pada bagian kelopak mata atas dan area mata bawah maupun dapat menggunakan kacamata hitam sebagai perlindungan tambahan dalam merawat kulit sekitar mata.

Baca Juga  Pengen Coba ? Pahami 5 Efek Samping Threading Alis
6 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini 3

Memijat Bagian Bawah Mata

Demi menjaga sirkulasi di area mata agar tetap lancar, cobalah untuk memijat secara perlahan. Hal ini dapat dilakukan saat sedang menggunakan krim mata maupun saat mencuci muka. Memijat area bagian bawah mata dapat mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk yang menyebabkan mata bengkak.

6 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini 4

Kompres Menggunakan Kantong Teh

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, hingga mengurangi tumpukan cairan dibawah kulit.
Jadi, usahakan jangan buang kantong teh bekas dan manfaatkan teh kantong tersebut sebagai Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata. Cukup rendam dua kantong teh bekas pada air panas selama 5 menit. Masukkan ke dalam lemari es selama 15 sampai 20 menit. Taruhlah kedua kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

Istirahat yang Cukup dan Pola Makan Sehat

Istirahat yang cukup setiap haru membantu menghindari munculnya garis-garis hitam. Sebab, kurang tidur dapat membuat kulit terlihat pucat dan membuat garis hita semakin terlihat.
Selain istirahat, perlu juga menjaga kesehatan kulit bawah mata dengan memiliki pola makan yang mengandung vitamin c, vitamin A, dan vitamin E. Hal ini, dapat membantu menjaga kulit agar sehat dan pembentukan sel-sel baru pada kulit.
Paparan sinar UV, polusi hingga pola makan yang tidak sehat dapat mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, akan sia-sia jika merawat wajah dengan maksimal, namun melupakan untuk merawat kulit di area mata. Itulah Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata yang dapat dilakukan.