fbpx

Mengintip Keindahan Pantai Pandansari Bantul Yogyakarta

Bantul, sudut kota Yogya yang masih menjadi pilihan wisata. Terkenal dengan destinasi pantainya yang memiliki pemandangan tiada duanya, Wilayah yang berada di selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang melegenda dengan dertan pantai-pantainya. Tak hanya pantai parangtritis, atau pantai depok yang menjadi tujuan kunjungan ke Yogyakarta. Kini Pantai Pandansari, mulai dikenal dengan menaranya yang menjulang tinggi. Berikut ulasan mengenai Pantai Pandasari, yang dapat membantu anda untuk berwisata di kabupaten bantul.

Pantai Pandansari Bantul Yogyakarta
Pantai Pandansari Bantul Yogyakarta

Lokasi Pantai Pandansari Bantul

Pantai pandansari berada di tengah-tengah deretan pantai selatan Yogyakarat. Bila diurutkan, dari arah timur terdapat pantai parangtritis, pantai parangkusumo, pantai depok, lalu pantai pandansari, pantai patehan, dan pantai pandansimo. Tidak sulit untuk menemukan pantai ini, dari pusat Kota Yogyakarta, mengambil jalan bantul terus ke selatan. Perjalanan anda akan tebantu dengan papan nama dan petunjuk arah pantai-pantai yang ada, lanjut ambil arah pantai samas, lalu pertigaan belok kanan, tujuan anda telah sampai di pantai pandansari. Untuk memudahkan perjalanan menuju pantai ini, ada baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun letak yang bersebelahan dengan pantai samas,yang kini dilalui oleh kendaraan besar seperti bus. Tetapi tidak untuk sampai di pantai pandansari. Pantai pandansari yang terletak di Desa Gadingsarim kecamatan sanden, kabupaten bantul ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan asing, sebagian besar pengunjung pantai ini adalah warga sekitar yang ingin merasakan rasanya mencapai puncak mencusuar di pinggir pantai.

Menara Pantai Pandansari

Daya tarik dari pantai ini memang terfokus mencusuar yang tinggi menjulang. Sedang untuk pantainya sendiri, tak jauh berbeda dengan pantai tentangga di kanan-kirinya, seperti pasir pantai yang cenderung kecoklatan dan ombak yang relatif besar, serta tanaman cemara yang berada dipesisir pantai. Tetapi pemandangan berbeda dapat dilihat dari atas menara. Dengan tinggi tiga puluh meter, dan memiliki anak tangga yang melingkar berjumlah lebih dari delapan puluh anak tangga, pengunjung memang harus menyiapkan tenaga ekstra sebelum akhirnya memandang lepas pantai ini dengan telanjang mata. Sebelum masuk kedalam mercusuar, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 untuk satu orang dan biaya parkir motor Rp 2000 sedangkan mobil Rp 5000. Petugas menara selalu akan menghimbau pengunjung untuk tidak bersandar di pinggir menara, karena terdapat beberapa yang sudah rapuh. Sebagai gantinya, pengunjung dapat duduk bersantai di atas menara pantai pandansari.

Baca Juga  46 Tempat Wisata Di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi

Sesampainya diatas, pengunjung akan melihat lintang garis pantai selatan yang begitu panjang, tak hanya itu, pemandangan pepohonan cemara juga akan membuat anda tertegun karena dilihat dari sudut pandang yang berbeda. keuntungan lain dari adanya mercusuar ni, pengunjung dapat melihat seluruh pantai bantul yang letaknya berderetan, bila cuaca sedang bagus, pengunjung juga dapat melihat pantai yang ada dikulon progo dari kejauhan.

Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya pantai selatan adalah diwaktu sunset. Dari atas menara, anda akan berada diantara langit dan lautan yang luas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini. Sampai sekitar pukul 18.30, menara ini akan ditutup sembari petugas menyalakan lampu. Sesudah diatas jam itu, pengunjung tidak diperbolehkan untuk menaiki menara. Bila ingin menikmati lingkungan yang sangat tenang, sembari mendengarkan sayup-sayup ombak yang menggulung, pengunjung diperbolehkan untuk camping di tepian pantai, pastinya yang aman dan jauh dari bibir pantai.

Selain adanya mercusuar ini, masih di kawasan pantai pandansari tedapat kebun buah naga, yang dibuka secara umum. Agrowisata ini membebaskan pengunjung memetik buah naga, bahkan dapat dimakan ditempat. Tentunya dengan membayar sesuai dengan berat buah yang dipetik. Sedikit yang disayangkan dari tempat wisata ini, masih banyaknya sampah-sampah plastik dan ranting-ranting pepohonan yang berada di bibir pantai. Serta fasilitas yang kurang memadai, menandakan pantainya masih jauh dari perawatan dan perhatian pemerintah setempat. Meski begitu, pantai Pandansari sedang dalam masa perkembangan untuk dijadikan obyek wisata, dan pastinya memiliki sisilai untuk tetap bisa dinikmati.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Pandansari. Pantai ini cocok untuk anda yang menginginkan ketenangan, tetapi tetap menyatu dengan alam. Selamat berwisata.

Baca Juga  Mengenal Wisata Air Terjun Coban Tengah Malang Jawa Timur