fbpx

Cara Simple Mengatasi dan Mengobati Mimisan Secara Alami

Mimisan, atau dalam bahasa medis dikenal sebagai epistaksis, adalah masalah yang sangat umum. Pada hidung bagian dalam penuh dengan pembuluh darah kecil dan merupakan salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh. Ketika pembuluh darah ini terganggu, maka darah mulai mengalir dari lubang hidung, atau kadang-kadang dari kedua lubang hidung.

mimisan
Mimisan bisa disebabkan oleh kekurangan gizi dan perubahan hormon

Pendarahan bisa ringan atau berat dan dapat berlangsung dalam beberapa detik sampai lebih dari 10 menit. Kadang-kadang gejala seperti pusing, lemah dan pingsan dapat menyertai mimisan. Siapapun bisa mengalami mimisan, tetapi yang paling umum adalah anak-anak pada usia 2 sampai 10 tahun dan pada orang dewasa usia 50 sampai 80 tahun.

Mimisan dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab paling umum adalah udara kering, yang mengering selaput hidung. Penyebab lainnya termasuk paparan iritasi kimia, reaksi alergi, cedera pada hidung, bersin berulang, panas yang berlebihan, berada di ketinggian tertentu, terlalu keras menggaruk hidung, penyalahgunaan alkohol, merokok berlebihan dan mengkonsumsi aspirin dalam dosis besar.

Mimisan juga dapat disebabkan oleh kekurangan gizi, perubahan hormon selama kehamilan, infeksi saluran pernapasan atas, tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah dan kanker. Meskipun menakutkan, mimisan bukan masalah serius. Kebanyakan orang dapat menangani masalah dengan mudah dengan bantuan beberapa pengobatan sederhana dan mudah.

Berikut adalah beberapa tips Mengatasi dan Mengobati Mimisan Secara Alami:

Menjepit Hidung

Cara termudah untuk menghentikan mimisan adalah dengan cara menjepit hidung dengan kedua jari. Menjepit hidung dengan jari dapat mengirimkan tekanan ke titik pendarahan di septum hidung, yang membantu menghentikan aliran darah.

  • Duduk tegak dengan kepala dimiringkan sedikit ke depan.
  • Menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, jepit bagian hidung di bawah tulang hidung.
  • Lakukan ini selama 5 sampai 10 menit. Selama itu, bernapaslah melalui mulut.
  • Melepaskan tekanan secara lembut dan duduk selama 5 menit.
  • Ulangi sampai pendarahan berhenti.

Catatan: Jangan berbaring terlentang, miringkan kepala atau letakkan kepala di antara kaki. Juga, jangan menghembuskan napas dari hidung.

Kompres Dengan Es Atau Air Dingin

Mengompres dengan es atau air dingin adalah obat lain yang umum untuk menghentikan pendarahan hidung. Suhu dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut lebih cepat dan memperlambat aliran darah. Ini akan menghentikan pendarahan dalam beberapa menit.

  • Bungkus beberapa es batu di handuk tipis.
  • Duduk dalam posisi tegak dan memiringkan kepala.
  • Kompres hidung selama 5 sampai 10 menit.
  • Ulangi sesuai kebutuhan.
Baca Juga  7 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Catatan: Jangan gunakan es langsung pada hidung Anda.

Cuka Apel

Cuka apel sangat efektif dalam menghentikan mimisan. Juga berfungsi melindungi tubuh dari kehilangan darah yang berlebihan dan juga membantu menyegel dinding pembuluh darah yang rusak.

Rendam kapas di cuka apel setelah itu tempatkan dengan lembut ke lubang hidung. Biarkan selama setidaknya 10 menit dan pendarahan akan berhenti.

Cuka apel juga dapat digunakan untuk mencegah jika sering mimisan. Cukup campurkan 2 sendok teh cuka apel, campurkan dengan segelas air hangat dan minum 3 kali sehari.

Cabai

Obat lain yang efektif untuk menghentikan pendarahan hidung adalah cabai. Cabai bekerja sebagai stimulan sel dan mengatur tekanan aliran darah. Yang berarti menghilangkan tekanan berat dari daerah pendarahan dan memungkinkan koagulasi lebih cepat.

Cukup tambahkan 1 sendok teh bubuk cabai dalam secangkir air hangat dan meminumnya. Mimisan akan segera berhenti.

Mereka yang menderita sering mimisan dapat mengkonsumsi kapsul cabai 3 kali sehari. Berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang tepat. Juga, makan makanan dibumbui dengan cabe rawit secara teratur.

Bawang Merah

Bawang merah adalah agen pembekuan darah yang baik, karena itu sangat efektif dalam menghentikan perdarahan hidung. Uap alami dari bawang merah dapat membantu pembekuan darah.Potong 1 bawang merah menjadi irisan tebal. Tekan 1 irisan di bawah merah hidung dan menghirup uapnya. Pendarahan akan berhenti dalam beberapa menit.Pilihan lain adalah dengan menempatkan 2 atau 3 tetes jus bawang merah segar yang sudah disaring dan teteskan di setiap lubang hidung. Ulangi sesuai kebutuhan.

Air Garam

Kekeringan di dalam membran hidung selama musim dingin/hujan adalah salah satu penyebab paling umum dari mimisan. Untuk mengatasi masalah ini, sejukan dan lembabkan iritasi membran hidung dengan air garam.

Menambahkan sejumput garam untuk ½ cangkir air, aduk rata. Masukan beberapa tetes larutan ini ke dalam hidung untuk melembabkan lapisan dalam saluran hidung.Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes saline nasal spray yang tersedia di pasar.

Baca Juga  Cara Mengatasi Insomnia pada remaja dengan Merubah Kebiasaan Tidur

Daun Jelantang

Daun jelantang adalah obat yang efektif untuk mimisan. Daun jelantang mengandung zat yang dapat membekukan dan menghentikan aliran darah. Juga, membantu memperkuat kapiler dan bermanfaat untuk mengobati alergi yang dapat menyebabkan perdarahan hidung.

Untuk menghentikan mimisan, cobalah menghirup daun jelatang. Anda juga dapat mengekstrak jus dari daun jelatang sedikit dan menaruh beberapa tetes di setiap lubang hidung. Segera pendarahan akan berhenti.

Minum 1-2 cangkir teh jelatang setiap hari untuk menjaga mimisan.

Ketumbar

Ketumbar sangat dianjurkan untuk menghentikan mimisan. Pendinginan dan sifat menenangkan membantu menghentikan pendarahan dalam waktu singkat. Plus, menjadi antihistamin alami, membantu menangkal berbagai alergi yang dapat menyebabkan mimisan.

Masukan beberapa tetes minyak ketumbar atau jus ketumbar segar ke lapisan hidung bagian dalam dan segera pendarahan akan berhenti. Anda juga dapat membuat remasan dari daun ketumbar dan menerapkannya ke dahi. Efek pendinginan akan menghentikan mimisan sangat cepat.

Daun Kemangi

Obat herbal lainnya adalah daun kemangi. Daun kemangi memiliki banyak sifat yang membantu menenangkan saraf seseorang yang menderita mimisan.

Mengunyah beberapa daun kemangi segar secara menyeluruh. Ini akan menenangkan tubuh dan segera pendarahan akan berhenti.Pilihan lain adalah untuk mengekstrak jus dari daun kemangi dan menempatkan 2 tetes di setiap lubang hidung. Ini juga berfungsi menghentikan pendarahan.

Tips Tambahan :

  1. Jangan berbaring selama mimisan.
  2. Setelah pendarahan berhenti, duduk tegak dan memiringkan kepala sedikit ke depan. Juga, menghindari segala bentuk aktivitas yang mengeluarkan tenaga atau bernapas dengan hidung selama beberapa jam.
  3. Untuk menjaga membran mukosa tetap lembab, minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari.Mandi dengan air hangat dan bernapas dalam-dalam untuk mendapatkan uap air ke dalam hidung.
  4. Jangan merokok karena merokok mengganggu dan mengering saluran hidung. Keluar dari lingkungan berasap.
  5. Makan lebih banyak makanan kaya vitamin K sebagai defisiensi yang dapat menyebabkan mimisan.
  6. Makan makanan tinggi vitamin C dan bio-flavonoid untuk menjaga pembuluh darah.
  7. Meningkatkan asupan zat besi dalam makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin.
  8. Sertakan makanan yang mengandung zinc/seng seperti nasi merah, roti gandum dan popcorn untuk menjaga pembuluh darah dalam tubuh.
  9. Hindari makanan pedas dan gorengan.
  10. Untuk mencegah mimisan, jangan mengucek atau menggaruk hidung dengan keras.
  11. Jika mimisan tidak berhenti dalam waktu 20 sampai 30 menit, segera konsultasikan dengan dokter.

Demikianlah tadi pembahasan kita kali ini, semoga beberapa tips tentang Mengatasi dan Mengobati Mimisan Secara Alami diatas dapat bermanfaat untuk anda.