fbpx

Manfaat Fosfor bagi Tubuh Manusia

Manfaat kesehatan dari fosfor meliputi pembentukan tulang yang sehat, meningkatkan pencernaan, pengaturan ekskresi, pembentukan protein, keseimbangan hormon, meningkatkan ekstraksi energi, perbaikan sel, pengoptimalan reaksi kimia, dan pemanfaatan nutrisi yang tepat.

fosfor
Fosfor berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang

Fosfor adalah zat penting sebagai penyusun tulang manusia, yang berarti bahwa itu akan menjadi mustahil untuk satu fungsi normal tanpa jumlah yang cukup mineral ini dalam tubuh. Bahkan, fosfor secara teratur tercatat sebagai mineral yang paling berlimpah kedua di tubuh manusia, dan merupakan unsur yang paling penting kedua untuk menjaga kesehatan dan integritas tulang, setelah kalsium.

Manfaat Fosfor bagi Tubuh Manusia selain memberikan kekuatan untuk tulang dan gigi, manfaat lain dari fosfor sangat penting untuk bagian tubuh yang lainnya seperti otak, ginjal, jantung dan darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukan fosfor dalam makanan sehari-hari.

Gejala Kekurangan Fosfor

Gejala defisiensi atau kekurangan yang paling signifikan dari fosfor termasuk tulang lemah dan ketidaknyamanan dalam berbagai sendi tubuh. Fosfor bertindak dengan cara yang sama seperti kalsium, sehingga kekurangan fosfor dapat menyebabkan kelemahan, kerusakan gigi, rakhitis dan masalah yang terkait tulang lainnya. Orang juga dapat mengalami kehilangan nafsu makan dan stamina tubuh berkurang untuk melakukan kegiatan rutin. Selain gejala tersebut, kekurangan fosfor juga dapat mengundang mati rasa, kecemasan, tremor, penurunan berat badan dan menghambat pertumbuhan. Ini merupakan bagian penting dari diet kita, terutama pada anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, dan harus secara teratur mengkonsumsi nutrisi ini.

Sumber Fosfor

Sumber yang paling penting dari fosfor termasuk makanan seperti daging, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu. Juga, biji bunga matahari, beras, roti putih, kentang, brokoli dan kacang polong termasuk dalam daftar makanan yang kaya fosfor. Sumber-sumber lain dari fosfor termasuk selai kacang, tuna, daging babi dan minuman soda. Dalam rangka untuk menyeimbangkan diet dengan konten fosfor, dianjurkan untuk berbicara dengan profesional medis atau ahli gizi yang dapat menjelaskan kebutuhan diet Anda.

Manfaat Fosfor Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari fosfor tidak terbatas pada satu kategori, karena memiliki sejumlah fungsi penting untuk bagian tubuh lain juga:

  • Pembentukan tulang: Fosfor adalah bagian penting dari proses pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang dan gigi. Ia bekerja dalam hubungan dengan kalsium untuk membuat tulang kuat, yang dapat menahan dan keausan tulang. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kesehatan gusi dan enamel gigi. Hal ini juga membantu dalam mengurangi masalah serius seperti kehilangan tulang atau hilangnya kepadatan mineral, juga dikenal sebagai osteoporosis. Mineral ini menjadi dasar dari struktur rangka yang kuat. Salah satu penemuan terbaru dari fosfor juga menghubungkannya dengan kesehatan jantung, yang berarti bahwa dengan asupan yang tepat, Anda dapat lebih melindungi diri dari berbagai penyakit kardiovaskular.
  • Pencernaan: Fosfor memainkan peran penting dalam memfasilitasi pencernaan yang efektif dalam tubuh manusia. Hal ini dilakukan dengan merangsang pencernaan riboflavin dan niacin dengan cara yang efisien. Kedua vitamin yang juga penting bagi kesehatan manusia, sehingga penyerapan mereka bisa dimaksimalkan. Kedua jenis vitamin B ini bertanggung jawab untuk segala sesuatu dari metabolisme energi ke sistem respon neurologis dan emosional. Melampaui penyerapan vitamin dan mineral lainnya, fosfor langsung membersihkan gangguan pencernaan, sembelit, diare, dan sistem pencernaan reguler, gerakan usus yang sehat. Hal ini meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
  • Ekskresi dan buang air kecil: Fosfor memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dilakukan dengan memastikan pelepasan limbah yang tepat dari ginjal melalui proses buang air kecil dan ekskresi. Dengan meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, tubuh mampu menyeimbangkan kadar yang asam urat, garam berlebih, air, dan bahkan lemak, karena urin biasanya mengandung sekitar 4% lemak. Fosfor mendorong keseimbangan yang sehat dari semua cairan dan bahan yang dikeluarkan dari tubuh, sehingga membantu seluruh tubuh tetap sehat dan bebas racun.
  • Kelemahan: Fosfor memiliki kemampuan untuk menghapus masalah kesehatan kecil seperti kelemahan otot, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa. Mempertahankan tingkat normal fosfor dalam tubuh adalah cara yang bagus untuk tetap fit dan aktif. Jumlah normal fosfor dalam tubuh sekitar 1.200 mg untuk orang dewasa, menurut para ahli dan praktisi kesehatan. Kelemahan seksual juga dapat disembuhkan dengan suplemen fosfor, sehingga masalah seperti kehilangan libido, frigiditas, impotensi, dan motilitas sperma dapat didorong dengan pasokan yang cukup dari fosfor dalam sistem Anda.
  • Fungsi Otak: Sejak fosfor merupakan elemen penting yang ditemukan di sekitar maupun di dalam sel-sel otak, elemen ini jelas bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi penting. Tingkat yang tepat dari fosfor menjamin fungsi otak yang tepat dan pertumbuhan dan perkembangan kognitif. Penelitian telah menghubungkan kekurangan fosfor dapat meningkatkan risiko kerusakan kognitif, dan onset awal kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer dan demensia.
  • Pembentukan Protein: Fosfor adalah salah satu unsur yang paling penting dalam penciptaan protein, yang selanjutnya membantu dalam proses reproduksi. Hal ini juga memfasilitasi pemanfaatan maksimal protein dalam tubuh manusia untuk memastikan pertumbuhan yang tepat dari sel, bersama dengan perbaikan mereka jika diperlukan. Dalam cara yang sama, fosfor juga membantu tubuh kita memanfaatkan karbohidrat serta lemak. Metabolisme protein adalah apa yang membuat tubuh kita tumbuh dan mempertahankan keausan dari tahun ke tahun. Ini adalah salah satu bagian yang paling penting dari metabolisme manusia, sehingga efek merangsang fosfor ‘sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.
  • Perbaikan Sel: Fosfor juga berkontribusi terhadap proses perbaikan dan pemeliharaan berbagai sel-sel tubuh yang menderita pakaian sehari-hari dan air mata. Hal ini memastikan bahwa sel-sel tubuh yang dikembangkan dengan baik dan tetap aktif untuk kesehatan secara keseluruhan yang mengesankan. Kontribusi ini terutama datang dalam bentuk membantu menciptakan protein dan merangsang hormon yang benar untuk bereaksi sesuai seluruh tubuh untuk merangsang aktivitas metabolik.
  • Keseimbangan Hormon: Manfaat kesehatan dari fosfor dapat dianggap penting untuk mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Ini memastikan bahwa hormon, terutama yang diperlukan untuk kesehatan reproduksi yang baik, selalu hadir dalam, jumlah yang seimbang sesuai. Fosfor ini dilakukan dengan langsung berinteraksi dengan kelenjar endokrin tubuh dan membantu mengatur penciptaan dan pelepasan hormon. Ratusan hormon dalam tubuh kita memainkan peran yang sangat penting dalam semua masalah kesehatan kita, dan fosfor merupakan bagian tak tergantikan dari sistem kontrol.
  • Ekstraksi Energi: Fosfor bantu dalam proses ekstraksi energi dengan merangsang proses metabolisme nutrisi yang berbeda. Selain itu, membantu dalam aliran energi dan penggunaan yang efisien dengan sistem organ yang berbeda, beberapa di antaranya adalah karena yang kemampuan untuk menyerap vitamin begitu efisien.
  • Reaksi kimia: Fosfor bertindak sebagai peserta atau co-faktor dalam sejumlah reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, Manfaat Fosfor bagi Tubuh Manusia yaitu dapat memfasilitasi pemanfaatan yang tepat dari berbagai nutrisi yang memasuki tubuh.
Baca Juga  Anak Anda terkena Perut Kembung atau Sakit perut? Ini Cara Menyembuhkannya