fbpx

Ketahui Penyebab dan Cara Menyembuhkan Flu Tulang

Flu tulang ini biasa diderita oleh banyak orang saat musim pancaroba. Nama lain dari flu tulang adalah chikungunya. Ini adalah penyakit yang diakibatkan karena infeksi. Di mana infeksi tersebut menyerang tulang, dan mengakibatkan rasa sakit yang parah. Pada artikel kesehatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menyembuhkannya. Selain itu terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait penyakit yang satu ini, beberapa di antaranya adalah:

Ketahui Penyebab dan Cara Menyembuhkan Flu Tulang 1

Apakah flu tulang disebabkan karena sering mandi malam?

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa mandi malam itu menyebabkan seseorang terserang flu tulang. Tetapi sesungguhnya itu hanya mitos saja. Karena faktor penyebab flu tulang adalah infeksi virus, dan itu tak ada kaitannya dengan kebiasaan mandi malam. Jadi jangan salah kaprah lagi ya.

Virus Flu Tulang

Sekarang mari membahas lebih jauh mengenai virus flu tulang ini. Virus ini berasal dari famili Togaviridae dan genus Alphavirus. Disebabkan oleh gigitan dari nyamuk betina Aedes albopictus atau Aedes aegypti yang telah terinfeksi sebelumnya. Kedua jenis nyamuk ini merupakan nyamuk yang membawa virus dengue, virus penyebab penyakit DBD (Demam Berdarah). Karena itu apabila seseorang terinfeksi DBD, bisa terinfeksi virus Chikungunya bersamaan. Chikungunya asalnya dari bahasa Makonde dengan artian melengkung ke atas. Keadaan ini karena tubuh yang bungkuk disebabkan oleh gejala flu tulang, di mana penderitanya akan mengalami nyeri sendi.

Flu tulang yang menyerang anak-anak

Anak-anak juga dapat mengalami flu tulang. Biasanya penderita akan mengalami rasa ngilu atau sakit yang benar-benar parah pada bagian sendi-sendi dan otot, disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Sampai sekarang ini vaksin untuk mencegah seseorang terserang oleh flu tulang masih belum ditemukan. Anda juga perlu mengetahui apabila seseorang sudah pernah terserang flu tulang sebelumnya, maka orang tersebut akan mendapatkan antibodi seumur hidup pada tubuhnya terhadap serangan chikungunya ini.

Baca Juga  Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan!

Resiko terserang flu tulang

Berikut yang menyebabkan resiko seseorang terserang flu tulang meningkat, antara lain adalah penduduk negara tropis, sering bepergian ke daerah yang terkena wabah, dan tinggal dalam lingkungan yang tingkat sanitasi lingkungannya buruk.

Alternatif pengobatan flu tulang

Untuk menyembuhkan Chikungunya atau flu tulang ini tak ada obat khususnya. Di mana pengobatan yang diberikan bertujuan mengurangi gejala demam saja. Apabila demam Chikungunya Anda alami, umumnya dokter merekomendasikan supaya Anda bed rest, selain itu juga minum banyak cairan supaya terhindar dari bahaya dehidrasi, dan menghindari gigitan nyamuk. Resep obat yang biasa diberikan oleh dokter untuk meredakan gejala demam dan nyeri sendi antara lain:

  1. Acetaminophen
  2. Ibuprofen
  3. Naproxen

Jangan mengkonsumsi obat yang lain tanpa mendapatkan ijin dokter, khususnya obat NSAID atau antiradan non-steroid dan obat aspirin.

Pencegahan flu tulang

Metode paling efektif untuk mencegah flu tulang adalah memakai obat pengusir nyamuk. Dikarenakan penularan utama dari penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. Karena itu metode mencegah yang terbaik sejauh ini yakni mengurangi adanya kontak dengan nyamuk itu. Anda bisa memakai obat nyamuk dengan kandungan DEET (N, N-Diethyl-meta-toluamide), di bagian tubuh yang tertutup pakaian, yang rentan pada gigitan nyamuk. Yang berikutnya dengan menggunakan celana panjang dan baju yang menutupi seluruh bagian tubuh Anda. Juga Anda harus memastikan bahwa rumah Anda mempunyai sirkulasi udara juga pencahayaan yang bagus.