fbpx

Inilah Penyebab Sakit Lutut yang Perlu Anda Ketahui

Sakit lutut dapat dialami oleh siapa saja. Tidak hanya membuat Anda menjadi tidak nyaman, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas keseharian. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja lapangan, tentu ini sangat berpengaruh. Pengobatan sakit lutut ada banyak cara, tetapi Anda tetap haruslah melewati waktu rasa sakitnya selama beberapa waktu. Anda perlu juga mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit lutut.

Inilah Penyebab Sakit Lutut yang Perlu Anda Ketahui 2

Faktor penyebab sakit lutut

  • Cedera yang mengakibatkan robekan ke ligamen dan tendon

Kondisi sakit lutut yang parah dapat diakibatkan karena cedera ketika berolahraga berat, contohnya tenis, sepakbola, ataupun cedera saat di tempat kerja, rumah, hingga kecelakaan, yang mengakibatkan ligamen dan tendon robek. Di mana ligamen itu adalah penghubung tulang pada sendi, tendon penghubung tulang pada otot. Apabila robekan tendon dan ligamen terjadi pada pinggir lutut, maka rasa sakit lebih terasa walaupun Anda sedang berdiam diri. Dapat bertambah parah ketika lutut mendapat beban. Biasanya akan diikuti terjadinya pembengkakan, memar lutut, rasa panas, dan juga Anda jadi sulit menstabilkan lutut.

  • Sindrom nyeri patelofemoral

Sindrom ini menyebabkan rasa nyeri pada bagian sekitar tulang tempurung lutut dan bagian depan lutut Anda. Faktor penyebab sindrom ini adalah faktor mekanik, tulang tempurung lutut bergeser disebabkan oleh tarikan otot dan jaringan sekitarnya. Yang memberikan lutut beban cukup berat bisa karena olahraga, peningkatan durasi olahraga dan intensitas olahraga mendadak, gerakan salah ketika berolahraga (Karena itu pemanasan sebelum olahraga sangat penting), dan lemahnya otot paha di bagian depan. Kesemua itu dapat mengakibatkan sindrom nyeri patelofemoral. Selain itu perubahan cara berjalan juga bisa menjadi faktor penyebab sindrom ini. Contohnya nyeri pada pinggul atau kaki. Kondisi yang satu ini bisa memberikan beban lebih ke lutut, kemudian mengakibatkan gangguan nyeri lutut pada seseorang.

Baca Juga  Ibu Hamil apa Boleh Menggunakan Losion Anti Nyamuk?
  • Tumor tulang

Atau dikenal juga dengan Kista Baker. Ini adalah sebuah kondisi di mana terjadi penumpukan cairan pelumas sendi yang berlebihan. Karena itu akan mendorong kapsul belakang sendi, kemudian menjadi faktor penyebab rasa nyeri dan benjolan yang muncul di bagian belakang dari lutut. Sakit lutut pun bisa dikarenakan tumor tulang, contohnya adalah osteosarcoma.

  • Patah tulang

Ketika tempurung lutut ataupun tulang lain patah, dapat mengakibatkan rasa sakit yang tak tertahankan pada lutut. Bahkan biasanya serpihan dari tulang patah ini dapat merusak sendi dan jaringan halus yang ada pada lutut.

  • Cedera perdarahan dalam lutut

Kerusakan tulang dan sendi di dalam lutut dapat disebabkan oleh cedera ini, yang mengakibatkan terjadinya keretakan beserta perdarahan yang kemudian menjalar ke sendi. Gejala yang Anda rasakan antara lain kaku, panas, memar pada lutut, dan bengkak. Apabila kondisi lutut tidak semakin baik maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Termasuk ketika bengkaknya menjadi semakin besar.

Pengobatan

Disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Supaya rasa nyeri mereda, maka bisa dicoba dengan istirahat dan kurangi beban ke lutut. Cara lain yakni dengan:

  • Kompres lutut menggunakan es, balut es tersebut dengan handuk
  • Gunakan sepatu atau sandal yang rata, tanpa hak. Intinya yang nyaman digunakan dan tidak menimbulkan beban atau tekanan ke lutut Anda.
  • Hindari olahraga berat dan yang beresiko cedera. Contohnya sepakbola, berenang, bersepeda, dan olahraga sejenis lainnya.
  • Jalani fisioterapi
  • Minta obat pereda nyeri pada dokter

Jangan sembarangan konsumsi obat pereda nyeri tanpa resep dokter. Salah-salah organ ginjal Anda yang rusak karenanya.