fbpx

Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan!

Ibu hamil tidak boleh makan sembarangan, harus dijaga dengan benar-benar. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang boleh dimakan dan yang tidak boleh dimakan. Untuk itu Anda harus mengetahuinya. Termasuk, makanan yang sering kita makan seperti mie instant. Apakah mie instant diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil, aman atau tidak, temukan jawabannya sekarang.

Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Ibu Hamil Makan Mie Instan! 1

Zat Pengawet

Di dalam mie instant itu terdapat kandungan zat pengawet. Tidak hanya itu saja, bahkan juga perasa dan pewarna. Walaupun memang ada beberapa vitamin seperti vitamin A, B, zat besi, asam folat, zinc. Di sini Anda perlu tahu bahwa konsumsi mie instant dalam jumlah banyak tidak baik untuk tubuh. Ada penelitian yang pernah diadakan di Korea Selatan dan di penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang makan mie instant cukup sering sebanyak dua kali setiap minggu, bisa terkena sindrom metabolik.

Mari mengenal sindrom metabolik terlebih dahulu. Ini adalah kumpulan dari gangguan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol baik rendah, lemak menumpuk di perut, kadar Trigliserida yang tinggi.

Natrium

Dalam mie instant berdasarkan penelitian ditemukan adanya zat natrium. Ini termasuk zat yang sifatnya negatif untuk tubuh. Na atau Natrium dapat membahayakan kesehatan janin. Selain bisa mengakibatkan hipertensi juga menyebabkan maag akut. Di dalam mie instant ada kandungan natrium sebanyak 1380 mg. Di mana ini termasuk takaran kandungan yang tinggi.

Apakah ibu hamil aman konsumsi mie instant?

Kembali ke pertanyaan utama. Makanan yang dimakan oleh seorang ibu hamil dapat secara tidak langsung dan secara langsung mempengaruhi proses pertumbuhan dan kesehatan janin dalam kandungan. Kandungan sodium dan garam pada mie instant itu termasuk tinggi, sehingga bisa memicu hipertensi. Ketika hamil, kondisi peningkatan pada tekanan darah itu bisa berbahaya tidak hanya untuk janin tetapi juga untuk ibu hamil itu sendiri.

Baca Juga  Manfaat Fosfor bagi Tubuh Manusia

Lama dicerna

Sebagai seorang ibu hamil yang cerdas, Anda juga sebaiknya mengerti bahwa mie instant itu jika dimakan akan lama dicernanya oleh tubuh. Sehingga dapat mengganggu system pencernaan. Efeknya gangguan ke hormon kehamilan.

Bukan berarti ibu hamil tak boleh sama sekali makan mie instant, hanya jangan keseringan. Apabila terpaksa makan mie instant silakan ikuti anjuran di bawah ini:

  • Bumbu yang dipakai bisa dikurangi, gunakan setengah saja, atau sebagai alternatif buat bumbu sendiri.
  • Ketika masak jenis mie instant yang menggunakan kuah. Sebaiknya buang air rebusan mie. Gunakanlah air rebusan yang baru, boleh juga menggunakan air panas dari termos.
  • Batasi konsumsi mie instant. Bisa cari alternatif makanan yang lain, contohnya soto mi, ataupun buat sup menggunakan bahan-bahan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
  • Tambah protein, contohnya seafood atau daging, dan telur.
  • Tambah sayuran dalam mie instant, contohnya tomat, wortel, sawi, bayam, dan brokoli. Ingat bahwa semuanya harus dimasak hingga matang.

Anda harus ingat bahwa mie instant itu adalah makanan olahan. Karenanya konsumsi mie instant sebisa mungkin dibatasi. Sebaiknya konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang memang direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Karena sebagai seorang ibu, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik bagi anak bukan? Oleh karena itu jangan sepelekan makanan yang dipilih saat hamil. Sebab tidak hanya kesehatan ibu saja yang terpengaruh tetapi juga kesehatan janin di dalam kandungan.