fbpx

Hati-hati saat Menjemur Bayi! Jangan Langsung di Bawah Sinar Matahari

Terkadang ibu masih salah dalam menjemur bayi. Masih banyak yang menjemur bayi yang dalam keadaan telanjang di bawah sinar matahari langsung. Walaupun hal ini tidak diperbolehkan, tetapi masih banyak orang tua yang melakukannya hingga sekarang. Tindakan tersebut kurang tepat. Supaya lebih mengerti, silahkan baca artikel kesehatan tentang menjemur bayi ini sekarang.

Hati-hati saat Menjemur Bayi! Jangan Langsung di Bawah Sinar Matahari 2

Vitamin D akan dihasilkan sesudah sinar matahari diserap. Di mana ini bagus untuk menunjang pertumbuhan dari gigi dan tulang, penyerapan kalsium, dan juga untuk pengaturan sistem antibodi tubuh bayi. Walaupun begitu Anda harus ingat bahwa kulit bayi itu sangat tipis, selain itu juga sensitif, karena itu lebih rentan terbakar oleh sinar matahari.

Gunakan pakaian saat menjemur bayi

Ketika hendak berjemur, Anda sebaiknya mengenakan pakaian untuk si kecil. Tujuannya supaya kulit bayi tak terbakar oleh sengatan sinar matahari. Khususnya bagi bayi dengan usia lebih kecil dari 6 bulan. Juga hati-hati supaya bayi Anda tidak menatap sinar matahari secara langsung.

Waktu menjemur bayi

Jangan terlalu lama ketika Anda menjemur bayi. 10 – 15 menit / hari itu sudah cukup. Juga waktu yang tepat untuk menjemur bayi adalah sebelum 10 pagi. Sebab setelah 10 pagi justru kulit bayi tidak mendapatkan efek positif apapun. Disebabkan kadar ultraviolet sinar matahari di atas jam tersebut sudah sangat tinggi. Bayi pun tidak akan merasa nyaman karena kepanasan.

Pemilihan tempat menjemur bayi

Anda disarankan untuk menjemur bayi pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Jangan di balik kaca rumah. Karena tak akan memberikan pengaruh apapun untuk kulit bayi, disebabkan sinar ultraviolet yang dari sinar matahari tersebut dibutuhkan bagi tubuh untuk bahan memproduksi vitamin D pada kulit, dan itu tak dapat menembus kaca rumah.

Baca Juga  12 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Proteksi saat menjemur bayi

Gunakan pelindung kepala untuk bayi Anda. Contohnya bisa menggunakan kacamata kecil atau topi yang ukurannya pas. Jangan sampai sinar matahari langsung kena wajah, mata, dan kepala si kecil. Sebab sinar matahari dapat mengganggu kesehatan mata bayi, khususnya retina matanya.

Tabir surya

Apabila bayi Anda usianya sudah lebih dari enam bulan, maka Anda boleh memakaikan tabir surya yang ada kandungan SPF 1, supaya dampak buruk dari sinar ultraviolet untuk si kecil dapat diminimalkan. Pilih tabir surya khusus anak-anak.

Penyakit kuning

Ada yang mengatakan bahwa menjemur bayi langsung di bawah sinar matahari itu sebab dianggap efektif dalam menyembuhkan penyakit kuning. Tetapi apakah rumor tersebut benar? Ternyata hal tersebut tak benar sepenuhnya. Karena bayi yang menderita penyakit kuning tak memerlukan perawatan khusus. Mata dan warna kulit yang kuning pada bayi dapat berangsur normal sesudah beberapa hari. Apabila warna kuning pada bayi tak segera hilang, maka segeralah konsultasi ke dokter anak-anak, supaya dapat diberikan penanganan yang benar dan tidak terlambat.

Bahaya paparan sinar matahari yang juga perlu diketahui

Selain ada efek positif menjemur bayi. Tetapi juga ada efek negatif yang harus diketahui. Apabila kulit bayi terpapar oleh sinar matahari dalam jangka waktu terlalu lama, bisa mengakibatkan kulit bayi terbakar, dan akhirnya timbul demam, rasa nyeri, bahkan bayi juga bisa mengalami dehidrasi. Juga bisa meningkatkan resiko terjadinya melanoma, yakni jenis dari kanker kulit yang sifatnya mematikan. Juga kerutan ke depannya.