fbpx

Anak Anda terkena Perut Kembung atau Sakit perut? Ini Cara Menyembuhkannya

Cara menyembuhkan perut kembung yang terjadi pada anak. Mayoritas perut kembung, ataupun sakit perut pada anak itu disebabkan karena pola makan salah, umumnya bisa disembuhkan dengan mudah dengan cara mengubah pola makan si kecil. Apabila anak Anda sakit perut tak kunjung sembuh juga untuk kurun waktu hingga 24 jam lebih, saran kami adalah Anda secepatnya memeriksakan anak Anda ke dokter, sehingga dapat diberikan penanganan medis dengan cepat. Untuk menghindari terjadinya komplikasi lebih lanjut. Apabila anak Anda mengeluh perut kembung pada diri mereka, Anda sebaiknya memulai pengecekan dari daftar makanan dan minuman yang Anda berikan ke bayi atau anak dalam 24 jam terakhir. Mari baca selengkapnya.

Anak Anda terkena Perut Kembung atau Sakit perut? Ini Cara Menyembuhkannya 1

Makanan pedas dan perut kembung

Makanan terlalu pedas, dan makanan yang bersifat asam juga merupakan makanan yang paling sering menjadi faktor penyebab si kecil terserang perut kembung. Selain itu, makanan yang sifatnya memproduksi gas juga bisa menjadi salah satu pemicu perut kembung terjadi ke balita Anda. Tetapi jika itu terjadi, apabila masih belum terlalu parah, maka Anda dapat mencoba beberapa tips sebelum membawanya ke dokter. Beberapa tips untuk menyembuhkan gangguan perut kembung pada anak-anak dapat Anda baca di bawah ini.

Karakter pencernaan: Yang pertama. Anda harus mengenali karakter pencernaan anak Anda sendiri. Ada anak yang memiliki intoleransi, dengan kata lain tak tahan pada beberapa macam makanan, contohnya kacang dan susu, dan berbagai jenis makanan yang lain. Intoleransi antara satu anak dengan anak lainnya bisa berbeda, bahkan ada juga anak yang tidak memiliki intoleransi terhadap makanan apapun. Salah satu contoh adalah intoleransi susu, dikarenakan anak tak mempunyai enzim pencerna susu, karena itu sudah pasti Anda tak bisa memaksakan anak untuk minum susu. Sebab walaupun pada akhirnya anak Anda menghabiskan susu tersebut, tubuh mereka akan bereaksi dengan sakit perut dan mencret-mencret. Apabila Anda sudah mengetahui jika anak Anda sensitif atau tak toleran pada macam makanan tertentu, maka adalah tugas Anda sebagai orang tua untuk memastikan agar mereka tak mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga  Hati-hati saat Menjemur Bayi! Jangan Langsung di Bawah Sinar Matahari

Minuman bersoda: Yang kedua. Minuman bersoda mengandung gas, gas tersebut bisa mengakibatkan perut anak menjadi sakit dan kembung. Anda sebaiknya mulai untuk membiasakan anak hanya konsumsi sayur atau jus buah, jangan minuman bersoda. Jika Anda tak membiasakan anak Anda minum minuman tak sehat tersebut, maka mereka tak akan menyukainya. Tak hanya mengandung gas saja, minuman bersoda umumnya juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, di mana ini tak bagus bagi kesehatan anak Anda. Terlalu banyak gula dalam minuman kurang baik untuk kesehatan.

Konsumsi gula: Yang ketiga. Untuk beberapa macam makanan, terdapat kandungan gula, dan makanan jenis ini lebih sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan anak Anda. Apabila anak mengkonsumsi makanan dengan gula berlebih dalam jumlah yang cukup banyak, itu bisa mengakibatkan produksi gas di dalam perut menjadi meningkat, sehingga akhirnya perut anak Anda pun akan terasa sakit dan menjadi kembung. Macam-macam makanan dengan kandungan gula, juga termasuk buah-buahan bisa menyebabkan gangguan pencernaan apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Karena itu biasakanlah anak-anak Anda untuk menghindari makanan yang terlalu banyak kandungan gulanya. Sekian artikel tentang cara menyembuhkan sakit perut dan perut kembung pada anak, semoga bermanfaat.