fbpx

Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu Sendiri Tanpa Harus Pergi ke Dokter

Cara menyembuhkan gigi ngilu sendiri. Penyebab umum rasa ngilu pada gigi dikarenakan konsumsi minuman maupun makanan dingin atau panas, dan gigi Anda termasuk gigi sensitif. Untuk mengatasi masalah gigi sensitif itu tidak perlu ke dokter gigi, karena Anda bisa menyembuhkannya sendiri, bahkan ada juga odol khusus untuk itu. Selain itu berikut beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Jika Anda pergi ke dokter gigi karena gigi sensitif sama saja dengan buang-buang uang, karena tidak perlu.

Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu Sendiri Tanpa Harus Pergi ke Dokter 1

Cara menyembuhkan gigi ngilu dengan sikat gigi perlahan

Cara menyikat gigi yang salah bisa menjadi salah satu dari faktor penyebab gigi ngilu. Biasanya karena Anda takut gigi tidak bersih sehingga menyikat gigi dengan terlalu kuat. Selain itu apabila Anda salah dalam memilih bulu sikat maka gigi sensitif pun dapat menjadi semakin ngilu karenanya. Sebaiknya Anda memilih sikat gigi yang menggunakan bulu sikat yang lembut. Biasanya ada tulisan di sikat gigi di bungkusnya, pilihlah yang ekstra soft apabila Anda mempunyai gigi sensitif. Jangan lupa untuk memakai dental floss untuk menjaga kebersihan gigi.

Cara menyembuhkan gigi ngilu dengan menghindari pemicunya

Sebaiknya Anda juga menghindari berbagai pemicu yang menyebabkan rasa ngilu pada gigi. Beberapa contohnya seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu minuman, makanan yang terlalu asam, manis, dingin, dan panas. Jika hendak konsumsi makanan dan minuman tersebut sebaiknya Anda tunggu hingga rasa ngilu pada gigi mereda atau sudah sembuh.

Baca Juga  Inilah Penyebab Sakit Lutut yang Perlu Anda Ketahui

Cara menyembuhkan gigi ngilu dengan menghentikan kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi

Cara berikutnya yakni jangan menggertakkan gigi. Kebiasaan ini bisa membuat gigi menjadi ngilu. Apabila Anda suka mengunyah es batu, sebaiknya juga segera hentikan kebiasaan buruk ini. Untuk alternatifnya, Anda bisa mengunyah permen karet. Tetapi pilihlah permen karet yang bebas gula. Alasannya supaya email gigi tidak menipis.

Kapan Anda harus ke dokter gigi karena gigi ngilu?

  • Gigi ngilu karena pembusukan gigi berlubang

Gigi bolong sudah bukan hal yang baru lagi, apalagi jika Anda sering mengkonsumsi makanan manis atau malas sikat gigi. Gigi bolong ini bisa menjadi faktor penyebab rasa ngilu yang parah. Bahkan bisa membuat Anda tidak konsentrasi ketika bekerja. Apabila hal ini yang terjadi maka mau tidak mau Anda harus ke dokter gigi untuk segera ditambal giginya. Bahkan terkadang jika sudah terlalu parah, Anda perlu melakukan perawatan syaraf gigi. Seiring usia seseorang bertambah, maka tambalan gigi dapat melemah, bocor, patah pada tepiannya. Hal itu bisa membuat bakteri lebih mudah menumpuk pada celah kecil tersebut. Pada akhirnya akan terbentuk penumpukan asam, kemudian enamel gigi jadi rusak karenanya.

  • Penyakit gusi

Walaupun tidak selalu, tetapi ada kalanya Anda harus ke dokter gigi apabila mengalami gigi ngilu yang disebabkan oleh penyakit gusi ini. Seiring usia bertambah dan kesehatan gigi tidak dijaga, maka macam-macam penyakit gusi dapat terjadi. Ini bisa mengakibatkan sensitivitas gigi terganggu dan gigi pun jadi ngilu. Apabila penyakit radang gusi yang menjadi faktor penyebab, konsultasilah ke dokter gigi. Dokter pun akan menawarkan metode pengobatan yang paling tepat yang sesuai dengan kondisi penyakit Anda. Berdasar pada parah atau tidaknya penyakit gusi yang Anda derita tersebut.

Baca Juga  Jangan Dianggap Remeh! Ini 10 Manfaat Daun Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

Disarankan bagi Anda untuk paling tidak menyempatkan waktu konsultasi ke dokter gigi minimal 1 kali 1 tahun. Supaya kesehatan gigi dapat tetap terjaga.