fbpx

Cara Mengatasi Insomnia pada remaja dengan Merubah Kebiasaan Tidur

Insomnia adalah masalah dengan tidur. Remaja yang mengalami insomnia memiliki kesusahan ketika tidur dimalam hari bahkan tidak bisa tidur semalaman. Banyak alasan yang bisa mengakibatkan seorang remaja menjadi insomnia, mulai dari kebiasaan yang dilakukan hingga pengaruh stress yang dialami ketika sudah waktunya beristirahat. Hampir semua orang pernah menderita akibat insomnia yang sangat mengganggu karena disaat orang tidur nyanyak menikmati istirahat, kita hanya bisa berbaring tanpa bisa menikmati istirahat tidur dengan baik.

insomnia
Insomnia atau gangguan tidur bisa diatasi dengan mengubah kebiasaan

Insomnia yang terjadi terus menerus akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga berdampak pada kesehatan. Untuk itu perlu dicari cara mengatasi insomia agar tidak berlarut-larut yang mana bisa membuat seseorang merasa lelah dan capek keesokan harinya karena kurangnya waktu istirahat tidur yang dirasakan. Insomnia juga akan meningkatkan stress yang dialami sehingga harus segera diatasi. Untuk lebih jelasnya, perlu diketahui penyebab seseorang bisa mengalami insomnia agar bisa ditemukan solusi tepat Cara Mengatasi Insomnia Pada Remaja.

Penyebab Masalah Insomnia Pada Remaja

1. Tekanan atau Stress

Tidak bisa tidur atau insomnia merupakan akibat dari stress yang dialami oleh seseorang karena aktivitas yang dikerjakan tanpa jeda. Untuk mengembalikan pola tidur seperti sebelumnya akan sedikit kesulitan karena tekanan yang dirasakan. Perasaan khawatir dan cemas akan membuat seseorang tidak berhenti berfikir dan hal ini akan meningkatkan stress dan insomnia akan jadi efeknya di malam hari.

Baca Juga  Penyakit Ablasi Retina disebabkan oleh apa?

2. Mengalami Masalah Kesehatan

Insomnia juga bisa disebabkan karena sedang sakit atau mengalami peradangan yang menjadikan kesulitan tidur karena sakitnya yang tidak mereda. Mengalami masalah dengan jantung atau masalah dengan sistem pernapasan juga akan berdampak pada kesulitan tidur di malam hari karena perasaan gelisah yang dirasakan terus menerus.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang membuat seseorang mengalami kesulitan tidur setelah mengonsumsinya. Penyalah gunaan obat-obatan akan membuat kantuk menghilang dan tidur menjadi terganggu.

4. Terlalu sering Mengonsumsi Kafein

Efek kafein akan dirasakan ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk meminum minuman yang mengandung kafein dimalam hari sebelum tidur.

Masalah tidur akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh apalagi begadang akibat insomnia akan memberikan efek negatif pada pembuluh darah. Tekanan yang dirasakan menyebabkan insomnia susah untuk diatasi. Adapun cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan mencoba merubah kebiasaan tidur dengan melakuka beberapa hal seperti berikut ini.

Mengatasi Insomnia pada Remaja dengan Merubah Kebiasaan Tidur

1. Matikan Lampu saat Tidur

Jika biasanya kita tidur dengan lampu dalam keadaan menyala, cobalah mematikan lampu atau menggantinya dengan lampu dengan cahaya kecil. Dengan demikian tubuh akan terasa rileks dan rasa kantuk akan muncul karena cahaya yang kurang. selain itu, hormon melatonin yang ada dalam tubuh akan lebih cepat berproduksi ketika kita tidur dengan cahaya lampu yang dimatikan.

Kurangi Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein akan mempengaruhi proses istirahat dan kesulitan tidur dimalam hari. Oleh sebab itu, kurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein setidaknya 9 jam sebelum tidur di malam hari. Hindari konsumsi obat penghilang rasa sakit,  obat jenis ini juga mengandung kafein dan hal itu harus dihindari untuk dikonsumsi ketika akan tidur dimalam hari.

Baca Juga  Cara Simple Mengatasi dan Mengobati Mimisan Secara Alami

3. Mengatur Jadwal untuk Tidur

Jika sebelumnya tidak ada jadwal untuk mengatur jam tidur, maka dari sekarang rubahlah kebiasaan tersebut dengan membuat jadwal tidur dan istirahat dimalam hari dan jam bangun di pagi hari. Lakukan dan usahakan denganteratur dan rutin serta dijalankan secara terus menerus. Langkah ini menjadi salah satu cara mengatasi insomnia. Walaupun sedikit sulit tapi cara ini cukup efektif merubah kebiasaan tidur menjadi lebih baik secara perlahan.

4. Melakukan Olah Raga Rutin

Berolah raga teratur akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Lakukan olah raga secara rutin namun tidak menjelang tidurakan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan baik. Akan tetapi, ada dalam beberapa kasus yang mana berolah raga sebelum tidur akan membuat seseorang bisa beristirahat tidur dengan baik.

5. Membuat Suasana Tenang dalam Kamar Tidur

Insomnia juga bisa disebabkan karena suara yang berisik di sekitar tempat tidur. Jadi buatlah suasana tenang tanpa ada suara atau menetralkan ruang tidur dari beberapa gangguan seperti suara TV, suara Kendaraan, suara, kipas angin, dan suara berisik lainnya. untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan sumbat telinga ketika tidur atau dengan mematikan semua peralatan yang mengeluarkan suara. Hal ini dilakukan agar suasana menjadi lebih tenang dan rileks sehingga kualitas tidur bisa lebih baik.

6. Mengonsumsi Segelas Susu Hangat

Kandungan kalsium pada susu akan memberikan ketenangan jadi dianjurkan untuk mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur bagi orang yang sering terserang insomnia. Minum susu sebelum tidur juga akan membuat otot-otot menjadi rileks dan lebih santai.

Dengan demikian penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia bisa dilakukan dengan merubah perilaku dan kebiasaan tidur menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, insomnia akan membuat segera diatasi tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang ditakutkan akan menimbulkan efek samping misalnya saja kecanduan obat peransang tidur dan lain sebagainya.