fbpx

Benarkah Daun Kratom Borneo (Daun Puri) Bikin Kecanduan dan Bisa Mematikan ?

Nama lain Daun Kratom Borneo atau Daun Puri nama lain adalah Mitragyna Speciosa. Berasal dari sebuah desa kecil di pedalaman Kalimantan. Sebenarnya ada 4 jenis Kratom Borneo yaitu: Tanduk Kratom, Vena Hijau, Vena Merah dan Vena Putih.

Menurut dr Hari Nugroho MsC, seorang peneliti dan pakar adiksi dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta mengatakan bahwa daun kratom mengandung senyawa yang dapat memiliki efek psikotropik. Namun efek ini tidaklah sedahsyat yang dipikirkan kebanyakan orang.

Mitragynine dan 7-α-hydroxymitragynine adalah dua senyawa aktif yang terkandung dalam daun kratom. Ketika dikonsumsi terutama dalam jumlah besar, zat ini berinteraksi dengan reseptor opioid di otak menghasilkan sedasi, efek kesenangan dan bisa mengurangi rasa sakit.

Selain itu mitragynine dalam daun kratom bisa menghasilkan efek stimulan karena ternyata berinteraksi dengan sistem reseptor lain di otak. Jika dikonsumsi dalam jumlah relatif sedikit, daun kratom dilaporkan bisa meningkatkan energi dan kemampuan bersosialisasi.

Efek Samping Daun Kratom

Konsumsi daun kratom dalam takaran rendah menghasilkan efek psikoaktif yang berpengaruh ke susunan saraf (stimulan saraf). Itulah sebabnya beberapa penikmat air “teh daun kratom” merasakan tenang dan rileks.

Ternyata konsumsi dalam jumlah besar (tentunya masih dalam batas wajar), daun kratom bisa berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit (penghilang nyeri) dan rileks sehingga mudah tidur.

Dibalik manfaat positif itu semua ada beberapa efek samping yang membuat penggunanya merasa tidak nyaman terkadang berbahaya.

Beberapa pengguna daun kratom melaporkan adanya beberapa efek samping yang seringkali tidak nyaman seperti gatal, mulut kering, sembelit, mual, kehilangan nafsu makan, halusinasi serta peningkatan buang air kecil.

Ketika berhenti mengkonsumsi daun kratom, mayoritas pengguna daun kratom merasakan gejala ketagihan mirip seperti pengguna obat opioid jenis lainnya.

Baca Juga  Lakukan 6 Gerakan Ini Agar Bisa Kentut Dengan Mudah