fbpx

7 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Walaupun belimbing wuluh merupakan tanaman dengan buah berwarna hijau dan rasa yang sangat asam, ternyata banyak manfaat belimbing wuluh di balik itu. Pada umumnya tanaman buah ini biasa digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan khususnya pada bagian buah. Akan tetapi saat sekarang ini belimbing wuluh mulai dipercaya dan digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan sejumlah kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh, tanaman buah ini dikatakan mampu menghilangkan rasa sakit, mampu meningkatkan produksi empedu, mampu menjadi anti-radang, mampu mengatasi masalah batu ginjal, hingga dijadikan sebagai bahan kecantikan.

belimbing wuluh
Belimbing wuluh ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia

Belimbing wuluh atau averrhoa bilimbi menjadi pilihan obat herbal yang mudah dan juga murah walau harus sabar dalam menjalankan perawatan dengan bahan obat belimbing wuluh. Sama seperti bahan alami lainnya, untuk merasakan secara optimal manfaat belimbing wuluh sebagai obat, harus mengikuti sejumlah cara dan langkah-langkah dalam proses penyembuhannya. Walalupun demikian, pengobatan yang dilakukan dan menggunakan bahan alami pastinya aman dan tidak efek yang membahayakan.

Sebagai bahan obat, Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan bisa dirasakan dalam mengatasi sejumlah penyakit yang cukup banyak dan berikut ini daftar penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai obat.

Sebagai Obat Batuk

Apabila sedang batuk dan masih belum sembuh walau sudah mengonsumsi sejumlah obat maka cobalah menyembuhkannya dengan belimbing wuluh. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan satu genggam daun, bunga dan buah belimbing wuluh lalu dibersihkan dan kemudian direbus dengan menggunakan 4 gelas air yang ditambahkan gula batu secukupnya. Rebus ramuan tersebut hingga air berkurang dan tersisa 2 gelas. Saring air rebusan tersebut dan biarkan hingga dingin. Minum secara rutin dua kali sehari untuk menyembuhkan batuk anda. 

Baca Juga  Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Sebagai Obat Rematik

Secara tradisional belimbing wuluh akan mengurangi rasa sakit pada tulang akibat rematik yaitu dengan cara menghaluskan 5 buah belimbing wuluh ditambah 8 lembar daun kantil ditambah 15 biji cengkeh ditambah 15 butir lada hitam. Setelah semuanya halus tambahkan dua sendok makan perasan jeruk nipis dan ditambah satu sendok makan minyak kayu putih. Aduk semua ramuan menjadi satu dan digunakan sebagai ramuan memijat bagian tubuh yang sakit atau terkena rematik.

Sebagai Obat Jerawat

Bagi orang yang memiliki masalah dengan jerawat apalagi pada bagian wajah, maka gunakanlah belimbing wuluh sebagai obat untuk menghilangkannya, caranya adalah dengan menggunakan enam buah belimbing wuluh ditambah ½ sendok the belerang. Haluskan kedua bahan kemudian ditambah dua sendik makan air perasan jeruk nipis. Setelah semuanya dicampukan, jadikan ramuan tersebut sebagai masker pada wajah yang berjerawat. Untuk hasil maksimal, gunakan 3 kali sehari, maka jerawat akan cepat mengering dan hilang.

Sebagai Obat Panu

Manfaat belimbing wuluh bisa dirasakan sebagi obat penyakit kulit seperti panu, walaupun bukan penyakit berbahaya, panu akan merusak penampilan apalagi ketika menggunakan pakaian yang memperlihatkan bagian yang ada panunya, pasti sangat tidak percaya diri dan tidak nyaman. Untuk menghilangkannya, gunakan sepuluh buah belimbing wuluh dan dicampur dengan kapur sirih secukupnya kemudian dihaluskan. Setelah halus dan tercampur, oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang ada panunya dan lakukan rutin 2 kali dalam sehari maka hasilnya akan terlihat, panu sudah menghilang dari kulit.

Sebagai Obat Sakit Gigi

Sering mengalami sakit gigi yang sangat ngilu dan menyakitkan? Belimbing wuluh bisa mengatasinya yaitu dengan mengambil 1 buah belimbing wuluh dan kunyah bersama dengan garam. Kunyah terus belimbing wuluh hingga sakit dan ngilu pada gigi perlahan menghilang.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Hipertensi

Dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat bisa diatasi dengan belimbing wuluh. Salah satunya adalah manfaat belimbing wuluh sebagai obat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan menggunakan 3 buah belimbing wuluh kemudian dipotong-potong. Rebus potongan tersebut dengan menggunakan tiga gelas air hingga airnya menjadi satu gelas. Saring air rebusan tersebut taruh dalam gelas dan biarkan dingin. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari setelah sarapan pagi dan rasakan efeknya setelah beberapa hari mengonsumsi ramuan tersebut.

Sebagai Obat Diabetes

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, tapi jika sudah terlanjur mengalami maka pengobatan lebih baik dari pada tidak sama sekali. Penyakit diabetes merupakan penyakit keturunan yang merupakan penyakit berbahaya dan mematikan secara perlahan. Akan tetapi, berusaha memberikan pengobatan akan membuat kehidupan menjadi lebih baik. Belimbing wuluh juga dipercaya bisa mengatasi diabetes yaitu dengan meminum air rebusan belimbing wuluh. Caranya yaitu dengan menghaluskan 6 buah belimbing wuluh kemudian di rebus dengan segelas air hingga airnya menyusut dan tersisa setengah gelas. Saring air rebusan dan biarkan dingin. Airnya diminum setiap dua kali sehari dan dikonsumsi secara rutin.

Demikianlah tadi beberapa Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan sebagai obat tradisional yang penuh khasiat dan mungkin masih banyak yang belum mengetahui khasiatnya. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan mengenai obat dari bahan alami dan bahan sekitar kita yang bisa dimanfaatkan khususnya manfaat belimbing wuluh itu sendiri.