fbpx

6 Manfaat Madu dan Susu Bagi Kesehatan

Manfaat kesehatan dari madu dan susu termasuk keuntungan dalam perawatan kulit dan pengembangan stamina. Artikel ini menguraikan tentang manfaat kesehatan dari susu dan madu ketika mereka dikonsumsi bersama-sama. Ketika dikonsumsi secara individual, masih banyak manfaat kesehatan dari madu dan manfaat kesehatan dari susu.

keajaiban madu dan susu bagi kesehatan
6 manfaat ajaib madu dan susu bagi kesehatan

Madu secara tradisional digunakan untuk kesehatan karena antioksidan, antibakteri, dan sifat anti-jamur, serta menenangkan, efek anti-inflamasi pada masalah pernapasan. Di sisi lain, Susu secara tradisional telah dipuji karena kandungan vitamin dan mineralnya, termasuk vitamin-A, B, dan D, serta kalsium, protein hewani, dan asam laktat. Namun, atribut-atribut dapat menggabungkan ketika susu dan madu yang dikonsumsi bersama-sama, sehingga beberapa manfaat kesehatan yang unik dan diinginkan.

Manfaat Madu dan Susu bagi Kesehatan meliputi:

Perawatan Kulit

Madu dan susu memiliki sifat antimikroba dan pembersih. Sifat ini ditingkatkan ketika dua dikonsumsi bersama-sama. Banyak pembersih disusun dengan menggunakan susu dan madu, karena campuran tersebut memberikan kulit yang sehat berseri. Juga dapat menikmati dengan cara mandi susu dan madu, dengan mencampur mereka dalam jumlah yang sama di dalam air. Kombinasi ini sering digunakan di spa-spa di seluruh dunia.

Madu telah lama dikenal sebagai sumber prebiotik, yang merupakan nutrisi yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan probiotik, dimana bakteri menguntungkan tumbuh dan berkembang di usus dan sistem pencernaan.

Prebiotik telah menunjukkan efek stimulasi pada bifido, jenis probiotik yang ditemukan dalam susu. Karbohidrat dan oligosakarida dalam madu dapat meningkatkan fungsi sehat dan tepat dari bakteri menguntungkan yang penting untuk pemeliharaan kesehatan dan fungsi saluran pencernaan. Ketika keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan baik, menghilangkan sejumlah kondisi, termasuk sembelit, kram, kembung, dan mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri merugikan!

Baca Juga  Cara Alami Menambah Selera Makan

Daya Tahan

Mengkonsumsi segelas susu dan madu setiap pagi dikenal untuk meningkatkan stamina seseorang. Sementara susu mengandung protein, madu mengandung karbohidrat yang diperlukan untuk stimulus efektif metabolisme. Susu dan madu memberikan dorongan kekuatan untuk semua orang, termasuk anak-anak dan orang tua.

Protein hewani dari susu dipecah oleh enzim menjadi asam amino, dan kemudian direformasi untuk membuat protein yang dapat digunakan untuk manusia. Kelebihan bahan dalam transformasi ini kemudian dioksidasi sebagai energi yang dapat digunakan. Protein merupakan bagian penting dari diet manusia, dan madu membantu merangsang metabolisme mereka!

Kesehatan Tulang

Madu bertindak sebagai pembawa dan transportasi nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh. Secara khusus, madu telah menunjukkan dirinya untuk menjadi integral dalam penyerapan kalsium tubuh, dimana susu merupakan sumber yang kaya akan kalsium. Oleh karena itu, mengkonsumsi madu dan susu bersama-sama tidak hanya akan memberikan tubuh Anda nutrisi yang diperlukan (kalsium) untuk manfaat kesehatan tulang, tetapi juga gizi untuk memaksimalkan penyerapan ke dalam tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis serta radang sendi!

Insomnia

Madu dan susu secara tradisional keduanya digunakan sebagai obat untuk insomnia dan sulit tidur. Ketika dikonsumsi secara individual, mereka berdua efektif, tetapi efek diperkuat ketika dikonsumsi bersama-sama. Madu adalah salah satu makanan manis yang mengontrol peningkatan jumlah insulin yang disekresikan, yang juga mempromosikan triptofan untuk dilepas ke otak.

Tryptophan biasanya diubah menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan rileks. Selanjutnya, serotonin biasanya dikonversi ke melatonin, untuk membantu tidur baik. Melalui jalur kimia agak membingungkan, madu dan susu dapat digunakan untuk mengurangi sulit tidur!

Sifat Anti-Aging

Kombinasi susu dan madu tidak hanya berdampak pada kulit, tetapi juga seluruh tubuh, dengan membuatnya lincah dan awet muda. Bahkan  konon sejak peradaban kuno, termasuk Yunani, Romawi, Mesir dan India, kebiasaan minum susu dan madu sudah cukup populer untuk menjaga masa muda mereka. Karena susu dan madu dapat membantu untuk memastikan umur panjang, kombinasi ini dikenal sebagai “obat mujarab kehidupan.”

Baca Juga  Cara Alami Menambah Selera Makan

Banyak sifat antioksidan yang terjadi ketika susu dan madu digabungkan adalah penjelasan ilmiah di balik sifat anti-penuaan, karena antioksidan menyerang radikal bebas yang begitu drastis mempengaruhi sistem organ. Mereka juga salah satu penyebab utama di balik degradasi kulit, keriput, bercak, dan penyakit kulit lainnya.

Sifat Antibakteri

Penelitian telah menunjukkan bahwa Manfaat Madu dan Susu bagi Kesehatan memiliki efek yang lebih nyata pada bakteri staphylococcus dari susu atau madu ketika dikonsumsi sendiri-sendiri. Hal ini juga percaya bahwa madu yang ditambahkan ke dalam susu hangat dapat menyembuhkan gangguan sembelit, perut kembung dan usus. Hal ini juga baik untuk mengobati gangguan pernapasan seperti pilek dan batuk.