fbpx

12 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari propolis termasuk kemampuannya untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa jenis kanker, mengurangi peradangan, mengurangi reaksi alergi, menyembuhkan luka, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan mata, menghambat kematian sel, meningkatkan kognisi, dan memperkuat tulang.

Propolis

propolis
Propolis ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia

Meskipun produk yang paling terkenal dari lebah adalah madu, tetapi mereka juga memiliki bahan lain yang berharga di sarang mereka yaitu propolis. Propolis, juga dikenal sebagai lem lebah, sebenarnya propolis merupakan jenis bahan resin yang berasal dari getah yang melekat pada kaki lebah saat mereka mengambil dan mengumpulkan madu dari bunga, kuncup, dan sumber-sumber lain. Propolis ini kemudian dibawa kembali ke sarang, yang pada dasarnya digunakan sebagai lem untuk memperbaiki kerusakan di bagian sarang. Sementara lilin lebah umumnya digunakan untuk pembangunan dalam skala besar, propolis ini digunakan terus menerus untuk memperbaiki sarang mereka. Selama ribuan tahun, propolis telah diperoleh dan diekstraksi dari sarang dan digunakan dalam obat-obatan tradisional. Lem lebah tidak hanya digunakan untuk memperbaiki sarang, tetapi juga dapat melindungi terhadap penyakit dan memberikan lingkungan yang sehat bagi mereka untuk bertahan hidup.

Banyak aplikasi dari propolis bagi manusia bergantung pada karakteristik yang sama. Penelitian ini sedang berlangsung mengenai penggunaan propolis ‘bagi banyak masalah kesehatan, tetapi propolis telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat-obatan tradisional. Sejak lebah ditemukan di seluruh dunia, banyak aplikasi yang berbeda dan menggunakan untuk propolis telah ditemukan dan dipopulerkan. Manfaat kesehatan ini sebagian besar disebabkan oleh senyawa terpen, minyak esensial, antioksidan, senyawa organik, dan asam alami yang ditemukan dalam propolis. Berbagai daerah mengandung nutrisi dan spesies bunga yang berbeda, sehingga kombinasi propolis dapat bervariasi diseluruh dunia. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat beberapa dari banyak Manfaat Propolis Bagi Kesehatan!

Penyembuhan Luka

Seperti dijelaskan di atas, salah satu aspek yang paling berharga dari propolis, baik untuk manusia dan lebah, adalah kualitas antiseptik alaminya. Dengan mengoleskan propolis atau ekstrak propolis pada luka, Anda dapat melindungi luka terbuka dan luka dari infeksi. Kedua, antioksidan yang terkandung dalam propolis dapat bertindak untuk mempercepat penyembuhan luka, merangsang aliran darah dan pertumbuhan sel-sel di daerah luka, serta mengurangi peradangan.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Anti-inflamasi

Propolis juga dapat digunakan sebagai krim anti-inflamasi karena gigitan serangga dan penderitaan kulit lainnya yang tidak secara teknis diklasifikasikan sebagai luka. Selama ribuan tahun, gigitan serangga, ruam, dan berbagai iritasi kulit telah diobati dengan salep yang dibuat dengan propolis atau menerapkannya langsung ke kulit. Hal ini membuatnya sangat efektif sebagai pengobatan untuk jerawat, psoriasis, eksim, dan infeksi lain pada organ terbesar tubuh kita!

Merangsang Sirkulasi

Beberapa bahan aktif lain yang ditemukan dalam propolis merangsang sistem peredaran darah dalam tubuh, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigenasi berbagai bagian tubuh. Ini berarti memberikan dorongan energi, penyembuhan luka lebih cepat, dan metabolisme yang sehat. Aliran darah melalui arteri dan pembuluh darah juga penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan akan mengurangi kemungkinan pembekuan darah, aterosklerosis, dan serangan jantung atau stroke.

Sistem Kekebalan Tubuh

Karena propolis memiliki kemampuan sebagai antiseptik alami, dampak kita dapat memiliki sistem kekebalan tubuh jauh lebih besar. Dengan menambahkan sejumlah kecil propolis pada diet, akan benar-benar meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh karena efek antivirus dan antibakteri alami. Sistem kekebalan tubuh dapat menggunakan semua bantuan dan komposisi yang unik dari propolis untuk dorongan antioksidan pada seluruh sistem.

Antioksidan

Radikal bebas adalah masalah yang kita hadapi sekarang ini, karena mereka adalah produk sampingan alami dari metabolisme sel, tetapi mereka dapat menyebabkan mutasi sel, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Untungnya, antioksidan dapat menetralisir dan menghilangkan radikal bebas dari berbagai sistem yang berbeda dari tubuh kita, yang mengapa zat antioksidan tinggi seperti propolis bisa begitu berharga. Antioksidan bekerja bersama dengan sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan penyerbu asing dan memperlambat radikal bebas.

Baca Juga  Cara Mengatasi Insomnia pada remaja dengan Merubah Kebiasaan Tidur

Pencegahan Kanker

Potensi antioksidan dari propolis telah membuatnya menjadi sangat menarik untuk peneliti yang terus-menerus mencari sudut baru untuk menyerang kanker. Kanker disebabkan oleh sel-sel yang bermutasi yang kemudian menginfeksi daerah lain, propolis telah terbukti menjadi pencegah yang efektif untuk beberapa jenis kanker.

Mencegah Alergi

Dalam studi penelitian terbaru, propolis telah ditemukan untuk mengurangi keparahan reaksi alergi. Dengan menghambat produksi histamines, yang terjadi ketika alergen ditemui, propolis dapat membantu mengurangi dampak dari alergen dan dengan demikian meningkatkan normalitas dan kualitas hidup bagi mereka yang menggunakannya.

Kemampuan Kognitif

Salah satu efek lain dari antioksidan adalah peningkatan kemampuan kognitif. Radikal bebas adalah sebagian yang bertanggung jawab untuk “penyakit pikun” di usia tua, dan dengan merangsang penggunaan dan penciptaan jalur saraf baru, propolis mampu menjaga gangguan kognitif dan meningkatkan memori, retensi, dan keterampilan interaksi.

Kesehatan Mulut

Karena propolis mengandung sifat antijamur dan antibakteri, lem lebah juga banyak digunakan dalam produk-produk kebersihan mulut. Penelitian telah menemukan bahwa propolis dapat mengurangi plak, sariawan, herpes, dan berbagai penyakit mulut lainnya yang mempengaruhi bibir, gusi, dan tenggorokan. Obat kumur dan pasta gigi yang menggunakan propolis atau bentuk terkonsentrasi sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan mulut.

Kesehatan Mata

Propolis dapat mengurangi formasi katarak. Hal ini diyakini karena antioksidan, asam amino, dan bioflavonoid yang ditemukan dalam propolis.

Rambut dan Kuku

Propolis telah dikenal selama ribuan tahun sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan dan keindahan kuku dan rambut. Apakah dalam aplikasi topikal pada kulit dan kulit kepala, atau melalui konsumsi, propolis dapat membantu keindahan sejati dari dalam!

Peringatan: Meski Manfaat Propolis Bagi Kesehatan sangat mengesankan, efek samping yang telah dilaporkan di masa lalu, termasuk bagi mereka yang menderita asma dan orang dengan masalah pendarahan. Propolis dapat memperlambat pembekuan darah dan berdampak negatif terhadap respirasi. Jika Anda alergi terhadap madu, produk lebah, atau jenis tertentu dari pohon atau Sap, sebagiknya jangan menggunakan propolis. Juga, sebelum menambahkan propolis untuk rejimen kesehatan Anda, berbicara dengan seorang profesional medis dan selalu mendapatkan suplemen gizi dan obat herbal dari sumber terpercaya.